Teknik Riset Kata Kunci Di Kursus SEO Untuk Pemula

kursus seo medan – Tahukah Anda bahwa melakukan penelitian kata kunci adalah salah satu faktor terpenting dalam upaya pengoptimalan SEO Anda? Itu karena menggunakan kata kunci yang tepat akan memudahkan mesin pencari dan orang-orang menemukan situs Anda.

Masalah yang muncul adalah bagaimana mendapatkan kata kunci yang tepat. Mulailah dengan melakukan pencarian kata kunci. Bagaimana? Ada banyak hal yang perlu Anda pahami terlebih dahulu agar bisa menjawab pertanyaan ini.

Pentingnya penelitian kata kunci

Riset kata kunci dapat membantu Anda menemukan kata kunci yang tepat. Dengan kata kunci yang sesuai, Anda akan mendapatkan hasil sebagai berikut:

Peningkatan peringkat situs web pada halaman mesin pencari.

Tingkatkan jumlah pengunjung situs web.

Tingkat konversi yang ditingkatkan.

Oleh karena itu, jika Anda menginginkan hasil terbaik, mulailah dengan melakukan pencarian kata kunci. kursus seo medan bisa menjadi pilihan yang tepat untuk memulainya.

Riset Kata Kunci SEO

Untuk tujuan SEO, Anda perlu membiasakan diri melakukan penelitian kata kunci sebelum menulis apa pun. Mengapa? Jadi kamu bisa, Kembangkan tulisan berdasarkan kata kunci yang dipilih. Buat struktur tulis yang rapi dan berkualitas tinggi sehingga Anda dapat mendatangkan lebih banyak lalu lintas di lain waktu Menampilkan kata kunci secara alami tanpa dipaksa.

Metode pencarian kata kunci

Ketika datang ke penelitian kata kunci, kebanyakan orang memikirkan alat seperti Perencana Kata Kunci Google. Ini bagus, tetapi ini bukan satu-satunya metode yang dapat Anda gunakan. Mengapa kita harus mempertimbangkan metode lain?

Hanya membayangkan. Anda bukan satu-satunya yang melakukan penelitian kata kunci. Pesaing melakukan hal yang sama. Jika kompetitor Anda menggunakan metode pencarian kata kunci yang sama, bukan tidak mungkin kata kunci yang dipilih bisa sama.

Jika setiap orang menggunakan kata yang sama, bagaimana Anda bisa menonjol dan menarik perhatian orang? Menggabungkan metode ini dengan metode lain akan memberi Anda hasil yang jauh lebih baik dan akan lebih baik daripada pesaing Anda. Dua metode pencarian kata kunci yang dirujuk di sini adalah:

Bagaimana mencari kata kunci di Google Keyword Planner dan aplikasi lainnya

Google Keyword Planner (GPK) adalah alat yang sangat populer untuk melakukan penelitian kata kunci. Perencana Kata Kunci Google sendiri sangat mudah digunakan. Masukkan kata kunci atau jenis bisnis yang Anda jalankan dan iklankan melalui situs web.

Daftar kata kunci terkait ditampilkan dengan informasi tambahan seperti tarif pencarian bulanan dan tingkat persaingan. Anda dapat memilih beberapa kata kunci dengan tingkat pencarian yang tinggi dan tingkat persaingan yang rendah untuk dimasukkan ke dalam halaman web Anda.

Selain tool Google AdWords Keyword Planner, ada berbagai tool yang bisa digunakan berupa aplikasi dan software lain. seperti HubSpot Keyword App, Google Trends, Microsot Bing Ads Intelligence, dan Moz Keyword Explorer.

Masing-masing alat ini bekerja dengan cara yang sedikit berbeda dari GPK, tetapi pada dasarnya memiliki prinsip yang sama dalam mendukung kata kunci yang benar-benar relevan. Misalnya, Google Trends dapat membantu Anda menemukan jenis kata kunci populer di tren Anda. Anda dapat menggunakan beberapa alat sekaligus dalam strategi penelitian kata kunci Anda.

Bagaimana mempelajari kata kunci?

Cara selanjutnya untuk melakukan pencarian kata kunci adalah dengan menggunakan niche atau topik yang terkait dengan tema situs Anda. Apa perbedaan antara metode pencarian kata kunci ini dan metode sebelumnya? Jika ide bisnis Anda adalah menjual baju secara online dan Anda telah menggunakan metode sebelumnya, berikut daftar kata kunci yang akan muncul di GPK Anda:

Jual kaos murah secara online.

Jual baju anak-anak secara online.

Pakaian online.

Model pakaian online terbaru.

Sangat menyenangkan menjual baju secara online. Daftar ini terkait langsung dengan kata yang Anda ketikkan sebelumnya. Namun, daftar tersebut tidak menunjukkan kemungkinan kata kunci lain yang secara tidak langsung berkaitan dengan bisnis yang Anda jalankan.  Ini sangat berbeda dengan metode pencarian kata kunci niche. Niche di sini adalah topik yang disukai dan dicari oleh target pasar.

Kembali ke contoh di atas. Anda menjual pakaian secara online dan ingin menggunakan ceruk pasar Anda untuk melakukan penelitian kata kunci. Yang perlu Anda lakukan di sini adalah membuat daftar topik yang juga dicari pelanggan target Anda. Misalnya, target konsumen yang mencari topik pakaian secara online mungkin juga menyukai topik berikut:

Jenis pakaian wanita / pria.

Jenis kain terbaik untuk membuat jubbah.

Model kebaya untuk pesta.

Dan masih banyak lainnya.

Perlu diingat bahwa daftar di atas bukanlah kata kunci itu sendiri, tetapi daftar topik yang mungkin disukai dan dicari oleh audiens target Anda. Langkah selanjutnya adalah mengekstrak kata kunci dari topik.

Contoh dari ketiga topik di atas, Anda dapat mengekstrak kata kunci niche seperti jenis pakaian, jenis luar, model kebaya pesta, dan kain jubah. Lihat perbedaan antara kata kunci khusus ini dan kata kunci yang dihasilkan.

Menggabungkan ceruk atau kata kunci berbasis topik ini dengan kata kunci yang ditemukan di Google Perencana Kata Kunci kemungkinan akan meningkatkan peringkat situs web Anda. Oleh karena itu, Anda dapat memanfaatkan Google Keyword Planner + Nitch untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. itu bisa Anda pelajari di kursus SEO nantinya.

Kategori studi kata kunci

Proses penelitian kata kunci juga membutuhkan pemahaman tentang jenis kata kunci yang tersedia, berdasarkan jumlah kata dan nilainya. Ada tiga jenis kata kunci yang dikenal di dunia SEO:

  1. Kepala (Head)

Head (kepala) adalah kata kunci yang terdiri dari satu kata saja. Cakupannya sangat luas dan tingkat persaingannya sangat tinggi, seperti celana, vitamin dan kaos. Pengguna yang memasukkan kata “celana” di mesin pencari mungkin mencari jenis celana, merek celana, harga celana, model celana, dan lainnya.

  1. Tubuh (Body)

Body adalah kata kunci yang biasanya terdiri dari dua atau tiga kata. Jenis kata kunci ini lebih spesifik dan memiliki tingkat persaingan yang tidak sebesar kedengarannya. Contohnya termasuk celana panjang, vitamin kucing, dan kemeja putih.

  1. Ekor (Tail)

Tail adalah jenis kata kunci yang sering disebutkan dalam berbagai referensi yang menjelaskan cara mencari kata kunci SEO. Jenis kata kunci ini biasanya terdiri dari empat atau lebih kata (sering disebut sebagai kata kunci ekor panjang).

Kata kunci ini sangat spesifik dan mengacu pada item atau hal tertentu. Jenis kata kunci ini diperlukan untuk membidik konsumen sasaran yang siap membeli suatu barang atau produk. misal beli vitamin untuk kucing online, Celana katun hitam murah, harga model kaos putih terbaru, dan lainnya.

Jenis kata kunci apa yang harus di gunakan?

Berdasarkan penjelasan di atas, terlihat jelas bahwa head terlalu kompetitif dan tingkat konversinya terlalu rendah. Jadi fokuslah pada tubuh dan ekor. Secara umum kata kunci Body itu sendiri sudah berisi head, jadi tidak perlu dipikirkan lagi.

Kata kunci permintaan pencarian

Kedua jenis kata kunci (body dan tail) memainkan perannya masing-masing dalam mengoptimalkan situs Anda. Kata kunci tipe tubuh diperlukan untuk meningkatkan lalu lintas, sedangkan kata kunci tipe ekor diperlukan untuk tujuan yang lebih spesifik. diantaranya konversi, atau rasio pembelian. Seimbangkan penggunaan kata kunci body dan tail dan dapatkan hasil keduanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *